SEMINAR PENDIDIKAN “GURU MERDEKA DENGAN KURIKULUM PENDIDIKAN”

Sukoharjo, 08/08/2024. Bertempat di Aula Gedung H Univet Bantara Sukoharjo, terselenggara Seminar Pendidikan “Guru Merdeka dengan Kurikulum Merdeka” oleh Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Univet Bantara Sukoharjo. Acara ini dihadiri oleh 120 guru dari beberapa perwakilan HIMPAUDI, IGRA dan IGTKI di Sukoharjo.

Kegiatan ini di awali dengan laporan dari ketua Program Studi yaitu ibu Nurratri Kurnia Sari, M.Pd. Beliau menyampaikan apresiasinya atas antusias peserta yang hadir pada acara seminar ini, harapan dengan diadakannya acara ini, terjalin kerjasama antara PGPAUD Univet dengan HIMPAUDI, IGRA dan IGTKI di Sukoharjo dan semoga kegiatan selanjutnya bisa menjalin kerjasama yang lebih luas dengan HIMPAUDI, IGRA dan IGTKI dari kecamatan-kecamatan yang lain.

Kemudian sambutan dari Dekan FKIP Univet Bantara, Bp Dr. Singgih Subiantoro, M.Pd, di awal sambutan beliau memperkenalkan dosen-dosen baru. “Acara seminar ini sekaligus launching prodi PGPAUD sebagai prodi baru di Univet Bantara, bagi guru-guru TK yang ingin melanjutkan study, atau mempunyai saudara yang akan melanjutkan studi, silahkan segera mendaftar di PGPAUD Univet Bantara”, harapnya.

Narasumber dalam Seminar Pendidikan ini merupakan praktisi ahli dalam bidangnya, yakni Ibu Lilis Suryani, M.Pd beliau merupakan pengawas TK SD di Kabupaten Sukoharjo dan Ibu Vivi Sufiyati, M.Pd merupakan dosen PGPAUD Univet Bantara sekaligus Asesor BAN PDM wilayah Jawa Timur.

Penyampaian materi pertama oleh ibu Lilis Suryani, M.Pd, beliau menyampaikan cara aktif menyusun kurikulum merdeka untuk jenjang PAUD yang dilakukan berdasarkan regulasi. “Konsep merdeka belajar selaras dengan konsep pembelajaran di PAUD, yaitu memberikan kebebasan kepada anak untuk memilih kegiatan belajar yang diinginkannya, serta memenuhi hak anak yaitu bermain”, terangnya.

Dilanjutkan oleh pemateri kedua yaitu Vivi Sufiati, M.Pd dengan materi mengenai pembelajaran berdiferensiasi. Beliau menyampaikan bahwa anak itu belajar dan eksplorasi sesuai dengan keinginan dan minatnya, maka perlu pembelajaran berdiferensiasi untuk mengakomodir karakteristik yang berbeda-beda.